Cara Setting Repeater Wifi Huawei WS331C

Repeater wifi atau sering juga disebut wifi range extender adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap dan menyebarkan kembali sebuah sinyal wifi. Alat ini saya beli karena jangkauan sinyal wifi dari modem router tidak dapat ditangkap dengan baik oleh gadget saya jika berada di halaman belakang rumah.
Namun pada penggunaannya, ternyata repeater wifi ini juga mempunyai manfaat lain bagi saya. Dengan fiturnya yang bisa membuat nama SSID dan pasword sendiri, maka saya tidak perlu bolak-balik menyeting ulang modem router, karena yang saya bagikan adalah nama SSID dan pasword dari repeaternya. Sedangkan pasword modem router hanya saya yang tahu.
Cara setting repeater Huawei WS331C sangat mudah. Kita bisa menggunakan laptop maupun smartphone untuk melakukan setting alat ini.

Cara Setting Tanpa Mengubah Nama Wifi dengan menggunakan smartphone

  • Catat password/WLAN Key default Huawei wifi range extender yang terletak dibelakang alat tersebut
  • Pasang dan tancapkan pada stop kontak dan tempatkan pada lokasi yang ingin diperkuat sinyal wifinya. Usahakan sinyal wifi masih bisa ditangkap dengan menggunakan smartphone dilokasi itu.
  • Setelah lampu indikator berkedip kedip koneksikan smartphone/laptop dengan alat tersebut melalui setting WLAN pada smartphone. Masukkan pasword default yang anda catat tadi.
  • Setelah terhubung, buka aplikasi Chrome lalu masukkan alamat " 192.168.33.1 " lalu enter/buka
  • Kini smartphone anda sudah terhubung dengan wifi extender. Masukkan password default untuk bisa masuk kedalam menu pengaturan. Password biasanya adalah " admin "
  • Klik Configuration 

  • Klik Automatic scanning
  • Pilih nama SSID atau nama wifi yang ingin diperkuat sinyalnya. Disini saya menggunakan SSID dengan nama PICA sebagai contoh.
  • Masukkan password dari SSID  yang ingin diperkuat sinyalnya, lalu tekan " save ".
  • Tunggulah sebentar hingga lampu indikator alat berubah menjadi berwarna jingga sebagai tanda setting sudah berhasil dilakukan.
  • Restart koneksi WLAN di smartphone anda. Hubungkan dengan wifi yang kini sudah diperkuat sinyalnya.
Dengan cara ini nama SSID dan password akan sama dengan sumber SSID. Bila ingin nama SSID berbeda dari SSID aslinya, kita bisa menggunakan cara yang nanti akan saya tuliskan lagi.





Cara Setting Repeater Wifi Huawei WS331C Cara Setting Repeater Wifi Huawei WS331C Reviewed by yang terakhir on January 10, 2018 Rating: 5

3 comments:

  1. this is really nice to read..informative post is very good to read..thanks a lot!how do wifi extenders work

    ReplyDelete
  2. Kenapa saya gk bisa Save dan tulisannya Incorrect WLAN setting padahal password Wifi nya gk diubah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.